Kamis, 04 April 2013

Apa itu Sistem Operasi ?



Sistem Operasi dapat didefinisikan sebagai seperangkat program yang mengelola sumber daya hardware dari sebuah komputer, atau program awal untuk mengatur kerja komputer seperti mengatur memory, mengatur processor, membaca data yang diketik dan menyimpan file.             
Sistem Operasi juga program yang pertama kali ditempatkan pertama kali pada memori komputer, sedangkan software - software (perangkat lunak) dijalankan setelah sistem operasi berjalan. Sistem Operasi akan melakukan tugas inti untuk software, tugas inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. sehingga software tidak perlu lagi melakukan tugas - tugas tersebut, karena sudah dilakukan oleh Sistem Operasi.
Selain hal itu, Sistem Operasi juga dapat dikatakan sebagai penghubung antara hardware dan software. Sistem Operasi melakukan semua tugas penting pada komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.
Diciptakannyanya OS (Operating system) bertujuan untuk mempermudah penggunaan komputer. Dalam hal ini Sistem Operasi seharusnya dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan, dibandingkan mengutamakan kinerja ataupun utilisasi sumber-daya. Sebaliknya dalam lingkungan berpengguna-banyak (multi-user), Sistem Operasi dapat dipandang sebagai alat untuk memaksimalkan penggunaan sumber-daya komputer.

Berikut beberapa bagian dari Sistem Operasi secara umum :

- Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
- Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
- Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
- Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
- Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil  oleh aplikasi lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar